Standar Kualitas

29 Mar 2023

Kebijakan mutu PT Blue Gas Indonesia

Dalam mencapai kepuasan pelanggan, PT. Blue Gas Indonesia melakukan :

  1. meningkatkan kualitas output produk dan pelayanan;
  2. mengevaluasi dan mengubah business process aktivitas penghasil produk dan pelayanan secara berkesinambungan;
  3. meningkatkan kompetensi karyawan sesuai dengan perubahan business process yang dibutuhkan.

Kualitas Pengisian Ulang Tabung LPG

Salah satu unit bisnis PT. Blue Gas Indonesia adalah pengisian ulang tabung gas LPG yang ditujukan untuk kebutuhan gas rumah tangga dan usaha mikro dan kecil.. Untuk menjamin kualitas dan keamanan tabung isi ulang, PT. Blue Gas Indonesia memastikan proses pengisian ulang tabung gas sesuai dengan standar ISO 9001:2015 :

  • Pengisian LPG dengan mesin digital berteknologi terbaru untuk menjamin ketepatan isi netto LPG 5,5 kg.
  • Pengecekan kebocoran, guna memastikan tidak ada kebocoran LPG baik dari badan tabung maupun valve.
  • Pencucian tabung untuk menjamin kebersihan tabung saat diterima oleh konsumen.
  • Pemasangan segel hijau guna menjamin kualitas isi tabung, ketepatan isi, dan orisinalitas produk sampai hingga ke tangan konsumen.
  • Kontinuitas proses pengisian ulang PT. Blue Gas Indonesia dijamin oleh konsistensi penerapan Sistem Manajemen ISO 9001:2015 dan tertuang dalam program Komitmen Zero Bocor Blue Gaz.

Pemusnahan Tabung Reject

Untuk menjaga kualitas mutu Tabung Gas LPG, kami selalu berkomitmen untuk terus dapat menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan standar SNI, ISO 9001:2015 dan kami mengadaptasi Standar Eropa.

Tabung LPG 5.5 Kg yang telah menjalani proses pemeriksaan dan perawatan sesuai standar yang telah ditetapkan PT. Blue Gas Indonesia dan dinyatakan tidak memenuhi standar kualitas dibagi dalam beberapa kategori sebagai berikut : 

  • Tabung korosi.
  • Tabung penyok & miring (asimetris).
  • Tingkat ketebalan tabung tidak sesuai standar.

Tabung yang tidak memenuhi standar mutu & kualitas, kami lakukan tarik edar untuk selanjutnya kami musnahkan sesuai dengan standar keselamatan dan keamanan yang mengacu pada ISO 9001:2015.

Hal ini kami lakukan agar kemanan dan kenyamanan konsumen dapat selalu terpenuhi melalui kualitas produk LPG yang dihadirkan, serta menghindari penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kualitas Perawatan Tabung

PT. Blue Gas Indonesia berkomitmen untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan secara kontinyu terhadap seluruh tabung Blue Gas yang telah dipergunakan oleh konsumen untuk menjamin kualitas, keamanan, serta tampilan fisik tabung sesuai dengan standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

Tabung yang sudah kembali dari konsumen akan melalui tahap pemeriksaan kualitas sesuai dengan standar sebelum tabung melalui proses perawatan, berikut adalah standar kualitas teknikal dan tampilan : 

  • Tampilan: Standar tampilan cat pada tabung minimal 95%, hanya 5% dari luasan tabung yang diizinkan dengan kondisi cat terkelupas / berkarat, sehingga kualitas dan tampilan tabung selalu terjaga.
  • Teknikal: Berdasarkan standar ISO 9001:2015 dan adaptasi dari Standar Eropa (EN), tabung yang sudah berusia 5 tahun dan kelipatannya wajib dilakukan pemeriksaan teknis dan uji rutin. Pemeriksaan meliputi:
  • Ketebalan plat dinding tabung, berat dan dilakukan pemeriksaan visual dinding bagian dalam tabung.
  • Uji kebocoran dilakukan dengan melakukan uji hydrostatis dengan tekanan sampai 31 bar untuk memastikan kondisi tabung tidak terdapat kebocoran.
  • Tabung yang sesuai standar melalui pemeriksaan dan uji ulang dapat digunakan kembali, sedangkan untuk tabung yang tidak sesuai standar akan masuk dalam proses pemusnahan.

Kualitas Manufaktur Produk

Dengan komitmen yang selalu kami jaga selama lebih dari 30 tahun, PT. Blue Gas Indonesia berkomitmen untuk terus menemani konsumen Indonesia dengan menghadirkan produk yang aman dan berkualitas sesuai dengan standar ISO 9001:2015, SNI dan adaptasi Standar Eropa (EN), proses manufaktur yang meliputi proses stamping press bahan baku produk serta proses assembling hingga menjadi unit siap edar, dengan jaminan kendali kualitas yang ketat dan menyeluruh.

Proses kontrol kualitas yang cermat, teliti dan menyeluruh memastikan produk perlengkapan gas dan dapur dengan merk dagang Blue Gas dan Vienta memenuhi kriteria jaminan mutu.

Kualitas Desain dan Pengembangan

Komitmen kami dalam menghadirkan produk yang aman serta berkualitas dimulai sejak proses desain dan pengembangan. proses ini dilakukan secara teliti oleh para engineer kami yang kompeten di bidangnya.

Untuk mewujudkan komitmen terhadap produk yang aman dan berkualitas, proses desain dan pengembangan produk-produk blue gaz dan Vienta mengacu pada Standar Internasional maupun Standar Nasional sebagai berikut :

  • Tabung Baja LPG blue gaz : SNI 1452:2011
  • Katup (valve) blue gaz : ISO 14245:2006 dan SNI 7659:2011
  • Regulator blue gaz : EN 12864:2001
  • Selang LPG blue gaz : SNI 7213:2014
  • Kompor LPG satu tungku direct pressure blue gaz : EN 484:1997
  • Kompor LPG dua tungku blue gaz : SNI 7469:2013
  • Blender, Food Processor, dan Mixer Vienta : SNI IEC 60335-2-14-2011 dan SNI 7856:2013
  • Smart Cooker dan Electric Pressure Cooker Vienta : SNI IEC 60335-2-15-2011 dan SNI 7856:2013

Tahapan proses desain dan pengembangan yang meliputi rekayasa desain, pengujian, analisis, dan validasi akhir dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan proses pengembangan produk yang diatur dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

Sertifikasi

PT. Blue Gas Indonesia berkomitmen untuk dapat menghadirkan produk-produk berkualitas dan terjamin, melalui proses bisnis, proses manufaktur dan uji mutu yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan ISO 9001:2015.

Proses sertifikasi standar tersebut berlaku untuk merk dagang Blue Gaz dan Vienta, lampiran sertifikasi terlampir: