×
20180323102657-berita-terkini.jpg
Beranda / blue gaz & Vienta Official Store Hadiri Seller Gathering di Tokopedia
06 March 2019
blue gaz & Vienta Official Store Hadiri Seller Gathering di Tokopedia

Sebagai salah satu Official Store untuk kategori Home & Living di Tokopedia, blue gaz & Vienta menjadi salah satu tamu dalam acara Seller Gathering yang diadakan di The Ritz-Carlton, Mega Kuningan tanggal 5 Maret 2019 kemarin. Acara yang berlangsung selama 2 jam dari pukul 14.00 sampai 16.00 WIB di Ballroom 3 lantai 2 hotel berbintang 5 di kawasan Segitiga Bisnis Jakarta ini diadakan sebagai persiapan Relaunching Official Store per 25 Maret mendatang.

Acara dibuka oleh Dea Mardiyah, salah satu PIC untuk kategori Home & Living yang pada hari itu menjadi MC acara. MC membacakan susunan acara mulai dari Relaunching Official Store, Merchandise Services, Fulfillment, TopAds dan diakhiri dengan foto serta makan bersama.

 

Relaunching Official Store

Materi ini dibawakan oleh Irene selaku Business Partnership Tokopedia. Dalam presentasinya, Irene menekankan bahwa seller harus memberikan The Best for Our Customers atau memberikan yang terbaik kepada konsumen. Menurutnya, hal ini dapat diwujudkan melalui 3 cara yaitu :

  1. ‘The Best’ Quality Products
  2. ‘The Best’ Shopping Experience
  3. ‘The Best’ Service Level

The Best Quality Products adalah sebuah keharusan dari Official Store selaku pemilik brand untuk hanya menjual produk-produk yang asli dan sesuai dengan deskripsi kepada konsumen. Sanksi dari marketplace berlogo burung hantu ini akan diberlakukan kepada Official Store yang menjual produk palsu atau berbeda dengan deskripsi yang dicantumkan dengan men-downgrade status menjadi seller biasa atau C2C.

Selain menjamin kualitas produk, Official Store juga wajib memberikan pengalaman berbelanja daring dan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen. Studi yang dilakukan oleh Tokopedia, pelayanan yang memuaskan dari seller seperti kecepatan respon chat dan diskusi produk sangat berpengaruh pada keputusan konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan.

Merchant Services

Materi kedua mengenai Merchant Services dibawakan oleh Tiara. Menurutnya, pelayanan oleh merchant atau seller adalah sebuah jaminan engagement dari konsumen. Mengapa demikian?

27% reply chat is the best way to get more transaction,” ujarnya dalam bahasa Inggris dengan pronounciation yang baik. Intinya, increasing the probability up to 27% atau peluang untuk transaksi sukses bersumber dari respon chat dengan persentase sebesar 27%. Persentase ini tentunya bukan nilai yang kecil sehingga sangat tidak bisa diabaikan.

Tak terlalu jauh berbeda dengan pemateri pertama, Tiara juga menekankan 3 aspek yang harus dipenuhi oleh Official Store yaitu :

  1. Pasti Ready
  2. Pasti Ori
  3. Pasti Aman

Untuk memenuhi aspek pertama, seller harus memastikan bahwa stok selalu ter-update sehingga dapat menghindari auto cancel order yang dapat merugikan kedua belah pihak. Ya, tentu saja, karena seller secara otomatis akan mendapatkan feedback negatif yang berdampak pada rating toko, sedangkan konsumen kecewa karena merasa seller tidak profesional dalam menangani orderan dan pada akhirnya memutuskan untuk beralih ke toko lain yang menjual produk serupa.

Selaiknya Official Store, merchant atau seller memang sudah berkomitmen untuk hanya menjual produk yang orisinal. Komitmen ini sudah tercantum di Perjanjian Kerja Sama oleh masing-masing merchant dengan pihak perwakilan pemegang kategori Tokopedia.

Merchant atau seller juga harus memastikan keamanan setiap transaksi yang masuk dari konsumen. Aspek ini dapat dipenuhi dengan mem-packing pesanan sesuai standar pengiriman serta meng-update receive number agar konsumen dapat men-tracking pesanannya.

Fulfillment

Acara dilanjutkan dengan materi tentang Fulfillment. Materi yang dibawakan oleh pria berkacamata ini merupakan sebuah inovasi dari Tokopedia.

Tokopedia kini memiliki fitur baru yaitu Toko Cabang. Dengan adanya fitur yang masih digratiskan hingga April 2019 ini, ongkos kirim dapat ditekan karena produk akan dikirimkan dari warehouse Tokopedia terdekat.

TopAds

TopAds adalah fitur beriklan di Tokopedia. Pemateri terakhir bernama Aldino ini memaparkan perbedaan TopAds pada produk dan toko.

TopAds pada produk men-direct konsumen untuk meng-klik produk atau checkout, sedangkan TopAds pada toko akan mengarahkan konsumen sebagai follower, atau dengan kata lain sebagai strategi  branding.

Keduanya memiliki peran yang vital. Meski sifatnya tidak langsung berdampak pada penjualan, TopAds pada toko akan sangat membantu untuk menjalankan fitur Broadcast Chat.

Fitur yang masih relatif baru ini dapat dimanfaatkan oleh merchant untuk menyebarkan informasi atau promo terbaru yang relatif tertarget karena hanya akan diterima oleh follower mereka. Tentunya semakin banyak follower, semakin luas pula jangkauan dari penyebaran informasi yang dilakukan.

Closing

Ada yang kurang jika setiap acara tidak ditutup dengan foto bersama. Fotografer dari Tokopedia mengabadikan foto bersama pembicara di venue yang dihadiri oleh sekitar 300 merchant dari kategori Home & Living ini sebanyak 3 kali.

Setelah foto, guest acara dipersilakan untuk menikmati hidangan prasmanan yang disediakan di luar venue. Menu yang disajikan terdiri dari appetizer, main course hingga dessert. Para merchant berdiskusi santai sambail menikmati menu yang mereka pilih sebelum meninggalkan tempat acara.

Highlight : Kerja Sama dengan Disney, Daily Games dengan Hadiah 5 Juta per Hari Dapat Dimainkan di Official Store Tokopedia

Tak hanya diprioritaskan dalam banyak hal, Official Store juga diberikan benefit dengan fitur Daily Games oleh konsumen Tokopedia. Fitur terbaru hasil kerja sama dengan Disney ini secara eksklusif hanya bisa dinikmati di Official Store.

Dengan adanya game ini, konsumen Tokopedia tak hanya dapat melakukan hobinya tapi juga berkesempatan meraih uang sebesar Rp 5.000.000,00 per harinya. Aktifkan notifikasimu, kunjungi dan follow blue gaz & Vienta Official Store, mainkan game-nya dan raih hadiahnya.

Oh iya, sebagai partisipasinya, blue gaz & Vienta menawarkan diskon hingga 17% untuk produk terpilih selama periode Relaunching Offical Store berlangsung yaitu 25 Maret - 7 April 2019. Pastikan Anda mendapatkan produk terbaik dari kami dengan harga menarik.